Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Percaya Diri Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini 4-6 Tahun Paud IT Nabilah Mufidatul Hilmi Di Kabupaten Batu Bara

UNSPECIFIED (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Percaya Diri Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini 4-6 Tahun Paud IT Nabilah Mufidatul Hilmi Di Kabupaten Batu Bara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186122012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186122012 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186122012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186122012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186122012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186122012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186122012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186122012 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186122012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186122012 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186122012 TABELS.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186122012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186122012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186122012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186122012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8186122012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8186122012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186122012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apakah kreativitas anak usia dini 4-6 tahun yang diajarkan dengan strategi pemebelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan anak usia dini yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. (2) Untuk mengetahui apakah anak usia dini 4-6 tahun yang memiliki percaya diri tinggi memiliki kreativitas lebih tinggi dibandingkan anak usia dini yang memiliki percaya diri rendah. (3). Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dengan strategi pembelajaran ekspositori dalam memengaruhi kreativitas anak usia dini 4-6 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1 kelas di Kelas A, dan 1 kelas di Kelas B. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava 2 jalur (Two Way Anova) pada program SPSS 26 for windows pada data yang telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) Berdasarkan hasil analisis ragam, bahwa variabel strategi pembelajaran memiliki F hitung (6,092) > F table (3,92) dan p-value (0,015) < 0,05 maka tolak H0. Jadi dapat diartikan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap kreativitas bermain peran. Maka strategi pembelajaran inkuri dan ekspositori dapat dikatakan berbeda secara signifikan.(2) Pada variabel kepercayaan diri memiliki F hitung (0,740) < F table (3,92) dan p-value (0,392) > 0,05 maka terima H0. Jadi dapat diartikan bahwa kepercayaan diri tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas bermain peran; (3) terdapat interaksi antara interaksi antara variable strategi pembelajaran dan kepercayaan diri memiliki F hitung (0,098) < F table (3,92) dan p-value (0,392) > 0,05 maka terima H0.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Mar p
Keywords: strategi pembelajaran;kepercayaan diri; kreativitas anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 May 2023 06:42
Last Modified: 16 May 2023 06:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52155

Actions (login required)

View Item
View Item