Pane, Ahmad Syahrudy (2016) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX MTS AL-JAMI’ATUL WASHLIYAH TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4112111001 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4112111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 4112111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4._NIM_4112111001_KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (209kB) | Preview
5._NIM_4112111001_DAFTAR_ISI.PDF - Published Version
Download (260kB) | Preview
6._NIM_4112111001_DAFTAR_TABEL.PDF - Published Version
Download (109kB) | Preview
7._NIM_4112111001_DAFTAR_GAMBAR.PDF - Published Version
Download (108kB) | Preview
8._NIM_4112111001_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (59kB) | Preview
9._NIM_4112111001_BAB_I.PDF - Published Version
Download (407kB) | Preview
13._NIM_4112111001_BAB_V.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
14._NIM_4112111001_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX MTs Al – Jami’atul Washliyah Tembung pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan Strategi Inkuiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Al – Jami’atul Washliyah yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan strategi inkuiri untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Al – Jami’atul Washliyah yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 35 orang siswa perempuan sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan strategi inkuiri dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Dari hasil penelitian diperoleh Hasil observasi pembelajaran berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan strategi inkuiri dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung efektif digunakan.
Dari hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa diperoleh hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua,ketiga dan keempat adalah 62,96; 68,32; 74,28;dan 78,09. Rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa 70,91. Berdasarkan kriteria keaktifan belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan strategi inkuiri dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 035 |
Keywords: | LAS; Strategi Inkuiri; Tabung ;kerucut; Bola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 18:28 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5215 |