Munthe, Cut Ariana (2022) Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SD Negeri 112322 Padang Nabidang T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111004_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 1183111004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 1183111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 1183111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 1183111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1183111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1183111004_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1183111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10. NIM. 1183111004_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
14. NIM. 1183111004_BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
15. NIM. 1183111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui validitas kelayakan bahan ajar modul, untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar modul, untuk mengetahui efektifitas bahan ajar modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang
dikembangkan untuk peserta didik di SD Negeri 112322 Padang Nabidang, Kecamatan Na.IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara T.A 2021/2022. Adapun jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dengan prosedur penelitian yang beradaptasi model pengembangan ADDIE, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development),
Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SD Negeri 112322 Padang Nabidang sebanyak 30 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validasi ahli desain, ahli materi, dan ahli
praktikalitas diperoleh 97%, 96%, dan 97% dengan kualifikasi sangat layak dan sangat praktis digunakan. Hasil dari pree-test dan post-test yang dilakukan dikelas IV-B menunjukkan hasil yang mengalami peningkatan dimana sebelum dan
sesudah menggunakan Bahan Ajar Modul. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kelas diperoleh persentase keefektifan Aahan Ajar Modul yaitu 87 % dengan
kriteria ketuntasan 81%-100% dikategotikan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar Modul;Contextual Teaching and Learning (CTL);Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:28 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52136 |