Khalid, Ahyar Munawar (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4112111001 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4112111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 4112111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4._NIM_4112111001_KATA_PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (209kB) | Preview
5._NIM_4112111001_DAFTAR_ISI.PDF - Published Version
Download (260kB) | Preview
6._NIM_4112111001_DAFTAR_TABEL.PDF - Published Version
Download (109kB) | Preview
7._NIM_4112111001_DAFTAR_GAMBAR.PDF - Published Version
Download (108kB) | Preview
8._NIM_4112111001_DAFTAR_LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (59kB) | Preview
9._NIM_4112111001_BAB_I.PDF - Published Version
Download (407kB) | Preview
13._NIM_4112111001_BAB_V.PDF - Published Version
Download (114kB) | Preview
14._NIM_4112111001_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar yang diajarkan menggunakan kooperatif tipe NHT pada materi faktorisasi suku aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A. 2015/2016.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas. Dari 9 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan isntrumen berupa tes pilihan berganda yang telah valid dan reliabilitas sedang yaitu 0,65 untuk soal pretes dan 0,678 untuk postes dengan jumlah 10 butir soal pretes dan 11 butir soal postes.
Nilai rata-rata hasil pretes eksperimen 1 sebesar 30,57 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen 2 sebesar 28,00. Dari hasil analisis data pretes kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,117 < Ltabel = 0,150, dan data pretes kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0,129 < Ltabel = 0,150. Sehingga disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes diperoleh bahwa kedua sampel homogen, dengan Fhitung = 1,066 < Ftabel = 1,824.
Nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen 1 sebesar 82,00 dan nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen 2 sebesar 77,06. Dari hasil analisis data postes kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,124 < Ltabel = 0,150, dan hasil postes kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0,126 < Ltabel = 0,150. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postes kedua sampel homogen dengan Fhitung = 0,593 < Ftabel = 1,824. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa thitung = 1,742 dan ttabel = 1,669. Hal ini berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 019 |
Keywords: | Eksperimen Semu; Student Team Achievement Division; Numbered Head Together. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 May 2016 17:48 |
Last Modified: | 12 May 2016 17:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5210 |