Eriah, Tia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Fishbone untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SDN 03 Pangarungan T.P 2021-2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111018_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1181111018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 1181111018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 1181111018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 1181111018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 1181111018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1181111018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1181111018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 1181111018_BAB I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM. 1181111018_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 1181111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Digital Fishbone, (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran Digital Fishbone, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran Digital Fishbone. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Pangarungan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, lembar soal
pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Uji kelayakan media pembelajaran Digital Fishbone berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh
persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari ahli desain dengan perolehan persentase 85% dengan kriteria sangat layak. (2) Uji praktikalitas media pembelajaran Digital Fishbone diperoleh dari hasil penilaian
oleh ahli praktisi dan hasil angket respon siswa, hasil yang diperoleh adalah presentase sebesar 95% dan 91% yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis.
(3) Uji efektivitas menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran dengan nilai rata-rata 91% dan lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media dengan nilai rata-rata sebesar 51%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Digital Fishbone yang dikembangkan oleh peneliti layak, praktis, dan efektif untuk mendukung pembelajaran di kelas V Sekolah
Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development;Digital Fishbone |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 07:16 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51984 |