UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-AZHAR ACEH TENGGARA T.A 2015/2016

Utami, Mita Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-AZHAR ACEH TENGGARA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4112111013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4112111013 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4112111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4112111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4112111013 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4112111013 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4112111013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4112111013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4112111013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4112111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4112111013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4112111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4112111013 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4112111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4112111013 DAFTAR  GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4112111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4112111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4112111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4112111013 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4112111013 BAB I.pdf - Published Version

Download (765kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4112111013 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4112111013 BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4112111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4112111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Swasta Al-Azhar Aceh Tenggara melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Al-Azhar Aceh tenggara yang berjumlah 25 orang. Objek peneliti ini adalah pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 3 soal. Tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II terdiri dari 4 soal.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 10 orang siswa (53.33%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah sedang atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 55,30. Pada siklus II diperoleh 23 orang siswa (92%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 79,70. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 13 orang siswa (52%). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru pada siklus I dapat dikatakan termasuk kategori sedang. Pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik.
Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Swasta Al-Azhar Aceh Tenggara sehingga pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 009
Keywords: Model Pembelajaran; Bilangan Pecahan; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 May 2016 22:44
Last Modified: 11 May 2016 22:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item
View Item