Nasution, Annisa Hannum (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUKMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII MADRASAH ISLAMIYAH MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4112111003 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 4112111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
3. NIM. 4112111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 4112111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4112111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 4112111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7. NIM. 4112111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4112111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 4112111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (793kB) | Preview
13. NIM. 4112111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM. 4112111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division (STAD) pada materi Bilangan Bulat di kelas VII-2 Yayasan Madrasah Islamiyah Medan T.A 2015/2016
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 Madrasah Islamiyah Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 36 orang dan objek dalam penelitin ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.
Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I ada 25 orang (69,44%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan pada siklus II ada 31 siswa dari 36 siswa atau 86,11% yang mencapi ketuntasan belajar . Peningatan ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 14,67% dari 69,44% di siklus I menjadi 86,11% di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 0,97 dari 64,4 di siklus I menjadi 74,1 di siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 30,56% dari 52,77% di siklus I menjadi 83,33% di siklus II dimana pada siklus I, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 19 orang sedangkan pada siklus II, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 30 orang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bilanagn bulat di kelas VII-2 Yayasan Madrasah Islamiyah Medan T.A 2015/2016. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division pada materi bilangan bulat atau materi lain agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 037 |
Keywords: | Hasil Belajar;Model Pembelajaran Kooperatif;Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 19:56 |
Last Modified: | 11 May 2016 19:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5188 |