Aryani, Ade Tri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR DI SMP N 1 TELUK MENGKUDU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4111111001 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM 4111111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM 4111111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 4111111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM 4111111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4111111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 4111111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4111111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4111111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (563kB) | Preview
13. NIM 4111111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4111111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP N 1 Teluk Mengkudu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP N 1 Teluk Mengkudu T.A 2015/2016 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi faktorisasi aljabar.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 20 siswa (57,14%) dari 35 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 31,43%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 69,68 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,32. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 11,64.
Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap aspek yang diteliti, pada aspek menulis/menjelaskan skor rata-rata siswa 62,14 (kategori rendah), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 68,93 (kategori rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 94,29 (kategori sangat tinggi)), pada aspek representasi skor rata-rata siswa 81,79 (kategori tinggi).
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP N 1 Teluk Mengkudu T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 026 |
Keywords: | Komunkasi Matematika; Faktorisasi Aljabar; Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 18:30 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5183 |