Sasmita, Dwi Fatwa (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTORISASI ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIKELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113111022 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2 NIM 4113111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3 NIM 4113111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
4 NIM 4113111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5 NIM 4113111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6 NIM 4113111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 NIM 4113111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4113111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9 NIM 4113111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
13 NIM 4113111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14 NIM 4113111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-T1 SMP Muhammadiyah 01 medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi faktorisasi aljabar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun ajaran 2015/2016.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes hasil belajar I diperoleh 19 siswa (59%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 28 siswa (88%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 29%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 70,56 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,44. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 12,88.
Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi faktorisasi aljabar meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 010 |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika; Faktorisasi Aljabar; jJgsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 May 2016 18:08 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5182 |