Nasution, Yusriani (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TOKEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060852 KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. cover depan.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
2.Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa yang masih rendah, aktivitas dalam pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru bukan pada murid sebagaimana seharusnya dan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang mendukung aktivitas siswa yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif time token meningkatkan hasil belajar IPS dan aktivitas siswa kelas V SD Negeri 060852 Kecamatan Medan Perjuangan yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatanaktivitas belajar siswa yaitu persentase siswa yang aktif belajar pada siklus I (31,2%), siklus II siswa yang aktif( 53,1%), dan pada siklus III sebesar (93,8%). Sedangkan hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar (53%), serta mengalami peningkatan pada siklus II (78%), dan ketuntasan belajar pada siklus III (91%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS dan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe time token.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Nas u |
Keywords: | Pembelajaran kontruktivisme; Pembelajaran kooperatif; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 20:07 |
Last Modified: | 10 May 2016 20:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5181 |