Siburian, Lisbeth Dahlia (2022) Efektivitas Penggunaan Media Audio- Visual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 101771 Tembung T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311024_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1183311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 1183311024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 1183311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 1183311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1183311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 1183311024_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
10. NIM. 1183311024_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (694kB)
11. NIM. 1183311024_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (672kB)
12. NIM. 1183311024_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (486kB)
13. NIM. 1183311024_BAB V.pdf
Download (143kB)
14. NIM. 1183311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (195kB)
15. NIM. 1183311024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 101771 Tembung T.P. 2021/2022. Penelitian ini dilakukan melalui quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI-A dan VI-B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu sistematis sampling oleh dasar ketidaktuntasan sehingga 16 siswa kelas VI-A dan 16 siswa VI-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, dan dokumentasi. Secara deskriptif hasil dari penelitian ini
menunjukkan sebelum perlakuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar (pre-test) sebesar 41,12 dan terlihat bahwa hasil yang diperoleh masih rendah. Setelah diberikan perlakuan mengajar dengan menggunakan media audio-visual maka dilakukan ujian yang disebut post-tes, dengan nilai rata-rata sebesar 86,87 termasuk kategori baik. Kemudian secara statistik hasil uji independent sample t test dengan (2-tailed) menunjukkan bahwa
thitung (-12.154) < ttabel (2.042) pada α 0,05 dengan menolak H0 dan menerima Ha yaitu efektivitas penggunaan media audio visual signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS SDN 101771 Tembung
dengan kepercayaan 95%. Dengan demikian disimpulkan keefektivan media audio visual signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD, khususnya di SDN 101771 Tembung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Audio-Visual; Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:16 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 04:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51698 |
