Siburian, Lisbeth Dahlia (2022) Efektivitas Penggunaan Media Audio- Visual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 101771 Tembung T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311024_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1183311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 1183311024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 1183311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 1183311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1183311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 1183311024_BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 1183311024_BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 1183311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 101771 Tembung T.P. 2021/2022. Penelitian ini dilakukan melalui quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI-A dan VI-B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu sistematis sampling oleh dasar ketidaktuntasan sehingga 16 siswa kelas VI-A dan 16 siswa VI-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, dan dokumentasi. Secara deskriptif hasil dari penelitian ini
menunjukkan sebelum perlakuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar (pre-test) sebesar 41,12 dan terlihat bahwa hasil yang diperoleh masih rendah. Setelah diberikan perlakuan mengajar dengan menggunakan media audio-visual maka dilakukan ujian yang disebut post-tes, dengan nilai rata-rata sebesar 86,87 termasuk kategori baik. Kemudian secara statistik hasil uji independent sample t test dengan (2-tailed) menunjukkan bahwa
thitung (-12.154) < ttabel (2.042) pada α 0,05 dengan menolak H0 dan menerima Ha yaitu efektivitas penggunaan media audio visual signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran IPS SDN 101771 Tembung
dengan kepercayaan 95%. Dengan demikian disimpulkan keefektivan media audio visual signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD, khususnya di SDN 101771 Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Audio-Visual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51698 |