Siagian, Marisa Anastasya (2022) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN 064973 Bhayangkara T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111158_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183111158_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 1183111158_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 1183111158_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 1183111158_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1183111158_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 1183111158_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1183111158_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 1183111158_BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM. 1183111158_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 1183111158_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 064973 Bhayangkara T.A. 2021/2022. Jenis penelitan yang digunakan adalah Pre- Experimental, dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IVb yang berjumlah 28 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 25 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas,
tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample test, dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 26 for
Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa kelas IVb di SDN 064973 Bhayangkara. Berdasarkan analisis uji perbandingan nilai rata-rata pretest diperoleh 60,43 sementara perolehan nilai rata-rata posttest yaitu 80,86. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,00
yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dinyatakan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 064973 Bhayangkara T.A. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Index Card Match; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51697 |