Lubis, Afni Hairani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS PICTORIAL RIDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG DI KELAS XII SEMESTER II MAS NURUL HAKIM TEMBUNG T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4101121002 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4101121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 4101121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4101121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5 NIM. 4101121002 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 4101121002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4101121002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4101121002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 4101121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13. NIM. 4101121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4101121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran Inquiry berbasis Pictorial Ridle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang di kelas XII semester II MAS Nurul Hakim Tembung T.P 2015/2016, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry berbasis Pictorial Ridle terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XII semester I MAS Nurul Hakim Tembung yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas XIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar dalam bentuk uraian dengan jumlah 10 soal dalam bentuk uraian.
Hasil belajar siswa pada ranah kognitif memiliki nilai rata-rata pretes 23,72 dan postes 53,55 dengan kategori tuntas KKM; pada ranah afektif dengan nilai rata-rata 72,35 dengan kategori cukup baik; dan ranah psikomotorik dengan nilai rata-rata 77,63 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada ranah kognitif memiliki nilai rata-rata pretes 19,87 dan postes 43,73 dengan kategori kurang baik; pada ranah afektif dengan nilai rata-rata 64,43 dengan kategori kurang baik; dan ranah psikomotorik dengan nilai rata-rata 57,45 dengan kategori kurang baik, adalah 60,43. Nilai tersebut termasuk cukup dan belum mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inqury lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Hasil aktivitas belajar siswa memiliki nilai rata-rata 60,82 dengan kategori nilai C dan nilai rata-rata aktivitas belajar pada kelas pembelajaran konvensional adalah 52,89 dengan kategori nilai D. Menunjukkan bahwa model pembelajaran Inqury Berbasis Pictorial Ridle lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 003 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inqury; Pembelajaran Konvensioal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:37 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5167 |