Marlina, Cut (2015) PENGARUH METODE INKUIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI INFORMASI TEKS CERITA NARASI PADA KELAS V NEGERI SUKA MULIA T.P 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3 Abstrak.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
12 BAB V.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan tingkat kemampuan memahami informasi teks siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan metode inquiry; (2) Perbedaan Untuk mengetahui tingkat kemampuan memahami informasi teks siswa yang memiliki minat belajar rendah dengan metode inkuiri; dan (3) Perbedaan kemampuan memahami informasi teks siswa antara kelompok siswa yang diajarkan dengan metode inkuri dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Suka Mulia pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 5 sebanyak 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 35 siswa pada kelas A dan sebanyak 35 siswa pada kelas B. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar bahasa Indonesia dan angket minat belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa : (1) hasil belajar kemampuan memahami informasi teks siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar dengan menggunakan metode konvensional (Fhitung = 1,749 > Ftabel = 2,65); (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia yang mempunyai minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah (Fhitung = 1,351 > Ftabel = 2,64); dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa (Fhitung = 1,303 > Ftabel = 2,66). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri lebih baik digunakan kepada siswa yang memiliki minat belajar rendah dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.302 8 Mar p |
Keywords: | Pembelajaran bahasa indonesia; Teks naratif; Minat belajar siswa; Metode inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:37 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5166 |