Nuur, Mayang Lathifah (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kartun Digital (LKKADI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Tema 8 Subtema 1 Di Kelas V SDN 064020 Sunggal T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111059_COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 1183111059_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 1183111059_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM. 1183111059_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
5. NIM. 1183111059_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 1183111059_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 1183111059_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (0B)
8. NIM. 1183111059_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1183111059_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 1183111059_BAB V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
15. NIM. 1183111059_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru belum pernah melakukan inovasi dalam mengembangkan perangkat pembelajar berupa LKPD Digital yang mengakbatkan sebagian siswa masih pasif dalam menerima pembelajaran sehingga kurangnya
keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan LKPD Berbasis Kartun Digital (LKKADI) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SDN 064020 Sunggal. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation., Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064020 Sunggal, sebanyak 24 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, angket validasi dan tes. Hasil penilaian yang diperoleh pada penelitian ini setelah
divalidasi dan di uji coba mendapat kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator Ahli desain diperoleh skor 84% yang termasuk kategori “Sangat Layak”, dan dari hasil penelitian Ahli materi pada tahap I diperoleh skor 65% dengan
kategori “Layak” digunakan dengan Revisi Sesuai Saran” dan penilaian Ahli Materi tahap Iidiperoleh skor 88% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil dari penilaian praktisi pendidikan mendapatkan skor 87% dengan kategori
“Sangat Praktis”.Berdasarkan hasil pengelolaan data angket disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Kartun Digital dinyatakan layak dari hasil validasi materi, validasi LKPD,praktis digunakan dan efektif untuk meningkatkan keterampilan
berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; LKPD; Berbasis Kartun Digital; Berpikir Kritis,;Pembelajaran Tatap Muka (PTM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51657 |