Wulandari, Rizka (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE PRAKTIKUM BERBASIS KOLABORASI DI KELAS IV-B SD SWASTA PLUS PELANGI MEDAN T.A 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8126181019 COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2 NIM 8126181019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3 NIM 8126181019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM 8126181019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5 NIM 8126181019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6 NIM 8126181019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10 NIM 8126181919 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
11 NIM 8126181019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas IPA siswa kelas IV-B SD Swasta Plus Pelangi Medan melalui praktikum berbasis kolaborasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV-B SD Swasta Plus Pelangi Medan berjumlah 21 orang. Data diperoleh dengan metode observasi, tes dan lembar kerja siswa. Data diolah dengan teknik deskriptif. Dari analisis data yang diperoleh pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 10 siswa (26.3%) dan tidak tuntas sebesar 28 siswa (73.7%). Siswa yang dikategorikan kurang kreatif sebanyak 6 siswa (15.8%), cukup kreatif sebanyak 8 siswa (21.1%), kreatif sebanyak 23 siswa (60.5%) serta sangat kreatif sebanyak 1 siswa (2.6%). Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan tindakan. Dan pada siklus II siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 30 siswa (79%) dan tidak tuntas sebesar 8 siswa (21%). Siswa yang dikategorikan kurang kreatif 1 siswa (2.6%), cukup kreatif 7 siswa (18.4%), kreatif 25 siswa (65.8%) serta siswa yang dikategorikan sangat kreatif sebanyak 5 siswa (13.2%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA siswa materi wujud benda melalui metode praktikum berbasis kolaborasi pada siswa kelas IV-B SD Swasta Plus Pelangi Medan. Saran dari peneliti adalah metode praktikum berbasis kolaborasi perlu diterapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Wul p |
Keywords: | Hasil belajar; Kreativitas; Mata pelajaran IPA; Praktikum berbasis kolaboratif; Wujud benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 May 2016 17:49 |
Last Modified: | 10 May 2016 17:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5159 |