Lubis, HevviAdelina (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELOR DI KELAS VII SMP NEGERI I PENYAMBUNGAN SELATAN TA 20144/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4102121007 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2 NIM 4102121007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
3 NIM 4102121007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4 NIM 4102121007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5 NIM 4102121007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6 NIM 4102121007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7 NIM 4102121007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 4102121007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 NIM 4102121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10 NIM 4102121007 BAB I.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14 NIM 4102121007 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
15 NIM 4102121007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi
belajar. Penyebab universal atas rendahnya mutu pendidikan adalah guru sulit
memilih model pembelajaran yang tepat, oleh karena itu penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kalor di Kelas VII SMP Negeri
1 Penyabungan Selatan T.P. 2014 / 2015.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain
two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas
VII semester II SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P. 2014 / 2015. Sampel
penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari
dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem based
Learning, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model
pembelajaran langsung, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa, Data penelitian
ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test pilihan berganda
sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, dan d) Tes hasil belajar di validkan
oleh validator.
Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen diperoleh rata-rata
Pre-test 25,33 dengan standard deviasi 6,94 dan nilai rata-rata Post-test 72,5
dengan standard deviasi 12,159. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan
pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pre-test 24,66 dan standard deviasi
8,65 sedangkan rata-rata Post-test 63,33 dengan standard deviasi 10,61. Kedua
kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung
adalah 3,11 sedangkan ttabel adalah 2,002 pada taraf nyata 0,05 artinya 95% Ha
diterima dan 5% Ho ditolak dimana thitung> ttabel (thitung3,11> ttabel2,002). Sehingga
diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh yang berarti dari model pembelajaran
Problem Based Learing secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi
pokok Kalor kelas VII SMP Negeri 1 Penyabungan Selatan T.P 2014/2015.
Sedangkan pada penilaian aktivitas didapat rata-rata nilai aktivitas selama 2
pertemuan adalah 64,99. Setelah dianalisis persamaan garisnya menggunakan
Microsoft Exel 2007 dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada model
pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 020 |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Konvensional; Pengertian Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 May 2016 18:19 |
Last Modified: | 10 May 2016 18:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5158 |