Rahmadani, Fitri (2015) PENGARUH METODE INKUIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182020 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 8136182020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. NIM. 8136182020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 8136182020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 8136182020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 8136182020 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8136182020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 8136182020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8136182020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
13. NIM. 8136182020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM. 8136182020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa; dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Pelangi Medan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 44 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 22 siswa pada kelas A dan sebanyak 22 siswa pada kelas B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Konvensional (Fhitung = 5,095 > Ftabel = 2,07); (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (Fhitung = 513,55 > Ftabel = 2,15); dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 1,303 > Ftabel = 2,66). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Inkuiri lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan metode konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode Inkuiri lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Rah p |
Keywords: | Hasil belajar; Motivasi belajar; Metode inquiry; Metode konvensional; Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 23:46 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5157 |