PENGARUH METODE INKUIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN

Rahmadani, Fitri (2015) PENGARUH METODE INKUIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136182020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136182020 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136182020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136182020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136182020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136182020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136182020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136182020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136182020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136182020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136182020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136182020 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136182020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136182020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136182020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136182020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136182020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136182020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136182020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136182020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136182020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136182020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa; dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Pelangi Medan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 44 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPS sebanyak 22 siswa pada kelas A dan sebanyak 22 siswa pada kelas B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Konvensional (Fhitung = 5,095 > Ftabel = 2,07); (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (Fhitung = 513,55 > Ftabel = 2,15); dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 1,303 > Ftabel = 2,66). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Inkuiri lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan metode konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode Inkuiri lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.83 Rah p
Keywords: Hasil belajar; Motivasi belajar; Metode inquiry; Metode konvensional; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 May 2016 23:46
Last Modified: 09 May 2016 23:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item
View Item