Harahap, Dahniar (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PADANG HULU KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182010 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8136182010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (694kB) | Preview
3. NIM. 8136182010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. NIM. 8136182010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM. 8136182010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8136182010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 8136182010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8136182010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM. 8136182010 BAB I.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
13. NIM. 8136182010 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 8136182010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan 1) Aktivitas belajar siswa, dan 2) Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn pada Materi Keputusan Bersama menggunakan metode inkuiri dan media visual di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padang Hulu Kota Tebing Tinggi
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( classroom action research ). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan ( Planning ), Tindakan ( Acting ), pengamatan ( Observation ), dan refleksi ( Reflecting ). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah negeri Padang Hulu Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 30 orang. Variable yang diamati adalah: 1) Variabel bebas: Metode inkuiri dan media visual, dan 2) Variabel terikat : Aktivitas dan hasil belajar. Instrument pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar PPKn siswa melalui metode inkuiri dan media visual meningkat. Hasil evaluasi siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 65,33 dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 87,33. Dengan demikian skor rata-rata dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 22%. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 33,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,33%. Dengan demikian terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. 2) Rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus I sebesar 2,06 ( belum aktif ) dengan jumlah siswa yang aktif belajar sebesar 6,66% sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa secara klasikal selama siklus II sebesar 2,75 ( aktif ) dengan jumlah siswa yang aktif belajar 86,67%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dengan media visual terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas V Madrsah Ibtidaiyah Negeri Padang Hulu Kota Tebing Tinggi .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Har p |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Aktivitas belajar; Pembelajaran PPkn; Pembelajaran inkuiri; Media pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 23:23 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5154 |