Rosmaini (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA TELADAN GUPPI KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.
1-NIM. 8136182047 Cover.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2-NIM. 8136182047 Lembar_Persetujuan_Sidang.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
3-NIM. 8136182047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4-NIM. 8136182047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5-NIM. 8136182047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6- NIM. 8136182047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7- NIM. 8136182047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8- NIM. 8136182047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9-NIM. 8136182047 BAB-1.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13-NIM. 8136182047 Bab-5.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14-NIM. 8136182047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Teladan GUPPI Kota Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn dan karakter siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan tema “Pengalamanku”di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Teladan GUPPI Kota Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Swasta Teladan GUPPI Kota Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa serta angket. Dari hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I ) dan Siklus II ternyata penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tema 5 “Pengalamanku” sub tema 1 ”Pengalaman masa kecil” dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa. Hal itu diketahui dari hasil penilaian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti yang dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus 1 perolehan nilai rata-rata pada observasi (ranah afektif) untuk kegiatan guru sebesar 72,73 dan 89,77% pada siklus 2 dan untuk kegiatan siswa sebesar 74,67% pada siklus 1 dan menjadi 86,59% pada siklus 2. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 71,67% dan pada siklus 2 95,0%. Hasil perolehan rata-rata angket karakter siswa adalah 76,08% (kategori cukup) pada siklus 1 dan 87,33% (kategori baik) pada siklus 2. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran tema 5 “Pengalamanku” sub tema 1 ”Pengalaman masa kecil” dapat meningkatkan hasil belajar PPKn dan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Ros u |
Keywords: | Hakikat belajar PPkn; Make a match; Pembentukan karakter |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 09 May 2016 23:14 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5153 |