Lumbantobing, Siteven Mendoen (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN PADA KELAS XI TKRO SMK SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183322013 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 5183322013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM. 5183322013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 5183322013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 5183322013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM. 5183322013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 5183322013 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5183322013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
9. NIM. 5183322013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
14. NIM. 5183322013 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 5183322013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning
Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga
Kendaraan Ringan Pada Kelas XI TKRO SMK Swasta Imelda Medan bertujuan
untuk mengembangkan produk, mengetahui kelayakan produk, dan mengetahui
keefektifan produk media pembelajaran di SMK Swasta Imelda Medan. jenis
penelitian ini penelitian pengembangan (Research and Development) dengan
desain penelitian menggunakan ADDIE yang merupakan singkatan dari Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dalam penelitian ini
adalah Ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran dan respon peserta didik
SMK Swasta Imelda Medan yang berjumlah 37 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan instrument berupa lembar penilaian validasi ahli materi, ahli
media, ahli desain pembelajaran, dan respon peserta didik. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa media pembelajaran yang sudah dikembangkan berdasarkan hasil
penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 4.62 dengan kriteria sangat
layak, penilaian ahli media diperoleh persentase rata-rata 4.58 dengan kriteria
sangat layak, ahli desain pembelajaran 4.65 dengan kriteria sangat layak, dan
respon siswa diperoleh persentase 4.27 dan hasil uji efektifitas dengan nilai
perbandingan rata-rata pretest 49.75 dan postest 88.59 dan diperoleh rata-rata Ngain
sebesar 0.76 dengan kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media, Model ADDIE, Mobile Learning, Android. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:20 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51512 |