Utami, Sri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (MEDIPAR) PADA MATERI KONEKTIVITAS INTERNET KELAS X DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183151016 COVER.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
2. NIM. 5183151016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183151016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
4. NIM. 5183151016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (977kB) | Preview
5. NIM. 5183151016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
6. NIM. 5183151016 TABLES.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
7. NIM. 5183151016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
8. NIM. 5183151016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
9. NIM. 5183151016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5183151016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5183151016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality (MediPAR) pada materi konektivitas internet di kelas X Desain Komunikasi Visual Executive Di SMK Tritech Informatika Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika Medan. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa siswi kelas X desain komunikasi visual di SMK Tritech Informatika Medan berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R and D) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian akan dilakukan melalui 5 tahap yaitu tahap pengumpulan data dan informasi, tahap perencanaan pengembangan media, tahap pengembangan media pembelajaran, tahap uji coba produk dan evaluasi.
Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini yakni: Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (MediPAR) untuk siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Tritech Informatika Medan berada dikategori “Sangat Layak” sebagai media pembelajaran. Hal tersebut terbukti dengan skor yang diperoleh dari ahli media sebesar 4,36 (Sangat Layak), skor yang diperoleh dari ahli materi sebesar 4,34 (Sangat Layak), dan skor yang diperoleh dari pengguna sebesar 4,49 (Sangat Layak). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (MediPAR) untuk siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Tritech Informatika Medan berada dikategori “Efektif” sebagai media pembelajaran. Hal tersebut terbukti dengan hasil dari uji normalitas gain yang memperoleh skor 85,75 dimana jika skor uji normalitas gain > 76 maka berada di kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 02:23 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51507 |