Manurung, Rizal Yosua (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T. P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113121056 COVER.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
2. NIM. 4113121056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM. 4113121056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 4113121056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 4113121056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 4113121056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. NIM. 4113121056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 4113121056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 4113121056 BAB I.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
13. NIM. 4113121056 BAB V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM. 4113121056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kinematika gerak lurus di kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 350 orang siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan mengambil 2 kelas dari 10 kelas yaitu kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan X-10 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essay test sebanyak 9 soal yang telah valid dan lembar observasi untuk aktivitas siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 15,88 dengan standar deviasi 4,32 dan nilai rata-rata kelas kontrol 14,91 dengan standar deviasi 3,98. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1209 dan Ltabel = 0,1542, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1389 dan Ltabel = 0,1542, sehingga diperoleh Lhitung <Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1787 dan Ftabel = 1,8080 sehingga Fhitung<Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 63,85 dengan standar deviasi 11,50 dan kelas kontrol 53,55 dengan standar deviasi 10,36. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas di kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa 59,67, pertemuan II rata-rata 65,97, pertemuan III rata-rata 73,08. Hasil uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,8148 dan ttabel = 1,6693 karena thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa ada pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 012 |
Keywords: | Model pembelajaran berdasarkan masalah; Hasil Belajar; aktivitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 May 2016 22:33 |
Last Modified: | 09 May 2016 22:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5147 |