BR PINEM, RENNI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KOMPUTER JARINGAN DASAR DI SMK PAB HELVETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5182151005 COVER.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
2. NIM.5182151005 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.5182151005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
4. NIM.5182151005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
5. NIM.5182151005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
6. NIM.5182151005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
7. NIM.5182151005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
8. NIM.5182151005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
9. NIM.5182151005 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM.5182151005 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM.5182151005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi dalam pembelajaran komputer jaringan dasar yang layak dan efektif umtuk digunakan oleh siswa kelas X Multimedia SMK PAB Helvetia pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar.
Penggunaan media pembelajaran menjadi hal penting untuk dilakukan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan animasi dalam proses pembelajaran dilakukan untuk menarik perhatian siswa. Peneliti mengembangkan media animasi pembelajaran menggunakan software android studio dan software pendukung lainnya. Pengembangan media ini menggunakan model waterfall by pressman dengan tahapan Communication, Planning, Modelling, Construction,dan Deployment. Sasaran penelitian ini adalah Guru dan siswa.
Pengujian media nilai yang diperoleh dari ahli media sebesar 4,3 (sangat layak), untuk ahli materi sebesar 4,7 (sangat layak) dan untuk pengguna media sebesar 4,8 (Sangat Layak). Hasil uji coba N-Gain memperoleh persentase sebesar 89,4% sebagai kategori tinggi, nilai n-gain yang diperoleh adalah sebesar 0,8 dengan kategori tinggi dan berdasarkan data yang diperoleh maka media pembelajaran tersebut dapat dikatakan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Animasi,Kelayakan,Efektivitas,Model Waterfall. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:05 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51467 |