Rais, Muhammad Amin (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE INTERACTIVE DEMONSTRATION BERBASIS MOBILE DI SMK NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5173151024 COVER.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
2. NIM. 5173151024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5173151024 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
4. NIM. 5173151024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
5. NIM. 5173151024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
6. NIM. 5173151024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7. NIM. 5173151024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
8. NIM. 5173151024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
9. NIM. 5173151024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5173151024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (972kB) | Preview
14. NIM. 5173151024 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Desain Grafis berbasis Mobile dengan menerapkan metode pembelajaran Interactive Demonstration. Mengetahui bagaimana Tingkat kelayakan dan Efektivitas Media Pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran Desain Grafis kelas XI di DGK SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan Agile yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Requirments, (2) Design, (3) Develop, (4) Design, (5) Deploy. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI Desain Grafis SMK Negeri 13 Medan. Bagian tahap pengujian diantaranya uji materi oleh validator ahli materi, Uji Kelayakan Media ini melibatkan 2 Validator Materi, 2 Validator Media, dan Siswa.
Hasil yang didapatkan pada pengujian ini sebagai berikut; (1) Hasil pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran untuk perangkat Android. Media Pembelajaran Desain Grafis berbasis Mobile ini terdiri dari komponen utama, Materi, Simulasi, Video, Galeri, Pengenalan, KI/KD, Game Quiz berbentuk Soal Pilihan Ganda, Petunjuk dan Panduan Penggunaan Aplikasi, Modul Kit, dan Eva Result Test sebagai Fitur; (2) Hasil pengujian Blackbox testing menunjukan semua fungsi dan fitur berjalan sesuai ekspetasi yang baik tanpa adanya error. (3) Hasil Uji Efektivitas berupa Kelayakan, pada domain Konstruksi dengan Mean Skor 4,33. Materi dengan mean skor 4,31 dan Akseptansi dengan mean skor 4,52. Pengujian ini juga melakukan Uji Independent Samples T-Test dengan hasil terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | DesainGrafis, Fitur, Media Pembelajaran, Mobile. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:10 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51465 |