Sinaga, Maslina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL PENERAPAN HOTS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SEI SUKA, BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196122014 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 8196122014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
3. NIM. 8196122014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8196122014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 8196122014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM. 8196122014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8196122014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8196122014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8196122014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
13. NIM. 8196122014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 8196122014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menilai kelayakan dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) penerapan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Produk akhir yang akan di evaluasi berdasarkan aspek kualitas produk LKPD Berbasis PBL penerapan HOTS. Dengan demikian, yang menjadi produk penelitian ini adalah sebuah LKPD yang layak dan efektif. Produk akhir akan dievaluasi uji kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini dilaksanakan kelas VIII SMPN 1 Sei Suka, Batubara, pada semester genap 2021/2022. Model pengembangan yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD IPS berbasis PBL penerapan HOTS sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS yang ditentukan oleh validasi para ahli di bidangnya, yaitu validasi ahli materi pembelajaran IPS, validasi ahli desain pembelajaran, dan validasi ahli desain grafis dan juga oleh penilaian guru bidang studi. Berdasarkan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan/utama menyatakan sangat layak produk LKPD yang dikembangkan, dan menambah peningkatan hasil belajar siswa, penguatan HOTS dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis; dan (2) LKPD IPS berbasis PBL penerapan HOTS sangat efektif. Hal ini terbukti bahwa penilaian terhadap respon siswa juga menunjukkan sangat baik. Serta dalam uji efektifitas produk memenuhi kriteria efektif digunakan yang ditunjukkan hasil pengujian efektivitas produk menggunakan uji t pada uji beda t test independent. Hal yang sama juga di tunjukkan pada nilai rata-rata perolehan hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan LKPD IPS berbasis PBL penerapan HOTS lebih baik bila dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa kelas kontrol yang tanpa menggunakan LKPD IPS berbasis PBL penerapan HOTS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sin p |
Keywords: | lembar kerja peserta didik; problem based learning; higher order thinking skill; ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:07 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51460 |