PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PUFF PASTRY MAHASISWA TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SEVRINA, DWI MAYA (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PUFF PASTRY MAHASISWA TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186122008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186122008 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8186122008 SHEET APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8186122008 SHEET APPROVAL.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 81861222008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 81861222008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.8186122008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.8186122008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.8186122008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.8186122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.8186122008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM.8186122008 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.818612008 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.818612008 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.8186122008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.8186122008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8186122008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186122008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.8186122008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.8186122008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.8186122008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.8186122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kelayakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada mata kuliah Puff Pastry Mahasiswa tata boga semester III Universitas Negeri Medan (2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada mata kuliah Puff Pastry Mahasiswa tata boga semester III Universitas Negeri Medan.Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall model ini dipilih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Adapun subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli media pembelajaran, dua orang ahli model pembelajaran, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga yang berjumlah 60 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (82%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik (87%), (3) uji ahli model pembelajaran berada pada klasifikasi sangat baik ( 91%). Hasil Pengajuan Hipotesis membuktikan bahwa (1) emultimedia pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada mata kuliah Puff Pastry Mahasiswa Tata Boga Semester III Universitas Negeri Medan layak digunakan (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran dengan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data pada hasil posttest diproleh harga t hitung = 10,69 Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel untuk hasil praktik diperoleh harga harga t hitung = 9,99, Pada taraf signifikan (α = 0,05) dengan dk 58 diperoleh ttabel = 1,167 sehingga thitung > ttabel. Efektivitas rata-rata hasil belajar pada penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning sebesar 84,5 %, Sedangkan Kelompok siswa yang tidak menggunakan media sebesar 66,7%. Dari data ini membuktikan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa pada pembelajaran puff pastry daripada tanpa menggunakan media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.36 Sev p
Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Project Based Learning, Puff Pastry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 04:16
Last Modified: 29 May 2023 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51451

Actions (login required)

View Item
View Item