Simanjuntak, Miduk Jonathan (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR MEKANIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5173321033 COVER.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
2. 5173321033 LEMBAR PERSETUJUAN,LEMBAR PENGESAHAN, SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 5173321033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
4. 5173321033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
5. 5173321033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (858kB) | Preview
6. 5173321033 GAMBAR.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
7. 517321033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
8. 5173321033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
9. 5173321033 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 5173321033 BAB V.pdf - Published Version
Download (744kB) | Preview
14. 5173321033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan alat alat ukur mekanik pada siswa kelas X jurusan teknik kendaraan ringan ( TKR) di SMK Swasta Prayatna 2 Medan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi atau pengamatan, 4) refleksi.Subjek penelitian ini adalah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Intrument penelitian menggunakan angket model likert untuk respon siswa dan tes objektif untuk tes hasil belajar. Uji validitas instrument menggunakan koefisien korelasi produk moment dan uji reabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif.
Data yang dianalisis berupa rata-rata dan presentase hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat alat ukur mekanik dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan media benda nyata. Hal ini terbukti pada pra siklus dengan nilai rata-rata 70,22 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,20 kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,47. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 30,3% sedangkan pada siklus I adalah 54,5% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 84,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar, Alat Ukur Mekanik |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:40 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51438 |