PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DENGAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONVERSI ENERGI DI SMK N 1 LUBUK PAKAM

SIREGAR, KURNIA AGUNG (2022) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DENGAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONVERSI ENERGI DI SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5153321008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5153321008 COVER.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5153321008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5153321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5153321008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5153321008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5153321008 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5153321008 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5153321008 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5153321008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5153321008 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5153321008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5153321008 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5153321008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5153321008 LIST OF APPENDIXCES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5153321008 LIST OF APPENDIXCES.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 5153321008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 5153321008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5153321008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5153321008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5153321008 BIBLIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5153321008 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan metode Kuasi-Eksperimen. Pada dasarnya rancangan ini menggunakan dua kelompok, namun pemilihan kedua kelompok tersebut bukan secara random. Kelompok yang terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol yang tidak dipilih secara Purposive dan dilakukan pretest kemudian dikenai treatment.
Penelitian ini dilakukan dikelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang dilaksanakan pada semester ganjil. Dalam pengambilan data, penelitian dilakukan sebanyak 4 pertemuan dengan urutan kegiatan pemberian pretest, treatment dan posttest. Populasi terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 122 orang.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin. Hal tersebut didukung dengan hasil uji hipotesis nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,115 > 2,045), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Konversi Energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:07
Last Modified: 13 Mar 2023 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51416

Actions (login required)

View Item
View Item