SIREGAR, KURNIA AGUNG (2022) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) DENGAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONVERSI ENERGI DI SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153321008 COVER.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
2. NIM 5153321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153321008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
4. NIM 5153321008 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
5. NIM 5153321008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
6. NIM 5153321008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. NIM 5153321008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8. NIM 5153321008 LIST OF APPENDIXCES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. NIM 5153321008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5153321008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM 5153321008 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan metode Kuasi-Eksperimen. Pada dasarnya rancangan ini menggunakan dua kelompok, namun pemilihan kedua kelompok tersebut bukan secara random. Kelompok yang terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol yang tidak dipilih secara Purposive dan dilakukan pretest kemudian dikenai treatment.
Penelitian ini dilakukan dikelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang dilaksanakan pada semester ganjil. Dalam pengambilan data, penelitian dilakukan sebanyak 4 pertemuan dengan urutan kegiatan pemberian pretest, treatment dan posttest. Populasi terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 122 orang.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin. Hal tersebut didukung dengan hasil uji hipotesis nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,115 > 2,045), yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Konversi Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51416 |