Ketrin, Irene (2022) NILAI KARAKTER NOVEL A UNTUK AMANDA KARYA ANISA IHSANI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173311034 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 2173311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 2173311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM 2173311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
5. NIM 2173311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM 2173311034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 2173311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM 2173311034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
12. NIM 2173311034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 2173311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur pembangun dalam novel A untuk Amanda karya Anisa Ihsani, (2) mengetahui nilai karakter dalam novel A untuk Amanda karya Anisa Ihsani, (3) mengetahui relevansi novel A untuk Amanda sebagai bahan ajar handout dalam pengajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Waktu dan tempat penelitian dilakukan pada bulan juli sampai September 2021 di perpustakaan FBS UNIMED. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah penggalan kalimat yang mengandung nilai karakter dari keseluruhan isi novel A untuk Amanda karya Anisa Ihsani yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman observasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik kepustakaan, teknik catat terhadap analisis novel A untuk Amanda karya Anisa Ihsani. Hasil penelitian ini memaparkan (1) struktur pembangun novel terdapat unsur intrinsik yakni tema, alur, tokoh/penokohan, latar, sudut pandang, amanat, gaya bahasa, adapun unsur ekstrinsik yakni biografi penulis, kisah dibalik layar dan nilai yang diangkat pengarang dalam cerita. (2) nilai karakter yang ditemukan ada 14 nilai karakter yakni religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab. (3) relevansi bahan ajar handout sudah melalui proses validasi yang diajukan kepada dua validator dan wawancara kepada guru yang bersangkutan. Secara garis besar bahan ajar ini layak dijadikan sebagai bahan ajar tambahan atau pendamping guru pada pembelajaran materi teks novel SMA kelas XII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai Karakter; Novel; Relevansi Bahan Ajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51411 |