Huda, Asnul (2022) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN TEORI PDTM DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PDTM KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5161121006 COVER.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
2. NIM. 5161121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (902kB) | Preview
3. NIM. 5161121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
4. NIM. 5161121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
5. NIM. 5161121006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
6. NIM. 5161121006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
7. NIM. 5161121006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
8. NIM. 5161121006 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. NIM. 5161121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5161121006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
14. NIM. 5161121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (846kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan minat belajar terhadap hasil belajar siswa, (2) hubungan penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa, dan (3) hubungan antara minat belajar dan penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK N 1 Percut Sei Tuan sebanyak 64 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket, soal tes dan dokumentasi nilai hasil belajar. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,490>0,246) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan antara penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,457>0,246) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) hubungan antara minat belajar dan penguasaan teori terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,605>0,246, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat Belajar, Penguasaan Teori, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 01:41 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51393 |