Manurung, Peace Mary Silvy (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183351018 COVER.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
2. NIM. 5183351018 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183351018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
4. NIM. 5183351018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
5. NIM. 5183351018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
6. NIM. 5183351018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7. NIM. 5183351018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
8. NIM. 5183351018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. NIM. 5183351018 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 5183351018 BAB V.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
14. NIM. 5183351018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas dari media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan serta membantu guru mengatasi permasalahan dalam penyampaian materi pembelajaran seperti tidak maksimalnya penyampaian materi mengenai prosedur kerja routing yang tidak dapat dilihat oleh mata secara langsung sehingga saat pembelajaran bersifat abstrak. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022 di sekolah SMK Swasta Teladan Medanpada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas pada materi kompetensi dasar 3.1. menganilisis jaringan berbasis luas. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI TKJ 3dengan sampel kelas sebanyak 24 peserta didik. Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki enam tahapan dalam perancangannya, yaitu : pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Pengujian media pembelajaran dilakukan dengan blackbox testing, pengujian ini hanya berfokus pada keberfungsian sisi fungsional, seperti input maupun output. Media pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan baik berdasarkan uji validitas materi sebesar 4,6 dan validitas media sebesar 4 serta pengguna mencapai 4,38. Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas dikatakan efektif berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji n-gainmemperoleh nilai 0,7yang terkategorikan memberikan hasil yang tinggi dalam meningkatkan hasil belajar pada peserta didik. Media pembelajaran berbasis android berhasil dirancang serta dikembangkan dengan software Adobe Animate Creative Cloud, media pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik pada setiap smartphone atau android dari pengguna (guru maupun peserta didik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran interaktif, android, adobe animate creative cloud, jaringan berbasis luas. |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:25 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51368 |