Putra, Mill Nanda (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK BERBASIS ANDROID DI SMK MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183131029 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM. 5183131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183131029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
4. NIM. 5183131029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
5. NIM. 5183131029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
6. NIM. 5183131029 TABLES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
7. NIM. 5183131029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
8. NIM. 5183131029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
9. NIM. 5183131029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5183131029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5183131029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh buku ajar di SMK Negeri 14 Medan terkesan tebal dan ilustrasi serta langkah-langkah yang tercantum masih menggunakan warna hitam dan putih sehingga peserta didik mengalami rasa malas dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembuatan e-modul yang baik, kelayakan e-modul pembelajaran dan efektivitas e-modul pembelajaran berbasis android dilihat dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 14 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) and Evaluation (evaluasi). Pengembangan e-modul pembelajaran dikembangkan dalam bentuk .apk yang dapat diinstal pada smartphone.Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis android mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas x dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. (2) Perolehan penilaian yang diberikan oleh validator ahli materi dengan rata-rata keseluruhan adalah 4,5 dan penilaian yang diberikan oleh validator ahli modul dengan rata -rata keseluruhan adalah 4,67 sehingga e-modul pembelajaran dinyatakan “Sangat Layak” digunakan sebagai panduan pembelajaran peserta didik. Berdasarkan uji coba kepada 30 orang Siswa/i kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik memperoleh hasil sebesar 4,51 dan penilaian dari 2 orang guru bidang studi memperoleh hasil sebesar 4,74 dalam kategori “Sangat Layak” sehingga e-modul pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik Layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Hasil dari analisis Indepentend sample t test menunjukan hasil thitung ˃ ttabel yaitu 7,392 > 2,048 dan sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka hipotesis Ha dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan E-modul pembelajaran berbasis android efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 14 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul Pembelajaran, Kelayakan, Efektivitas, Pekerjaan Dasar Elektromekanik |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:33 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51361 |