Putra, Mill Nanda (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK BERBASIS ANDROID DI SMK MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183131029 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM. 5183131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183131029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
4. NIM. 5183131029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
5. NIM. 5183131029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (937kB) | Preview
6. NIM. 5183131029 TABLES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
7. NIM. 5183131029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
8. NIM. 5183131029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
9. NIM. 5183131029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
10. NIM. 5183131029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
11. NIM. 5183131029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
12NIM. 5183131029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
13. NIM. 5183131029 CHAPTER V.pdf
Download (1MB)
14. NIM. 5183131029 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (2MB)
15. NIM. 5183131029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh buku ajar di SMK Negeri 14 Medan terkesan tebal dan ilustrasi serta langkah-langkah yang tercantum masih menggunakan warna hitam dan putih sehingga peserta didik mengalami rasa malas dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembuatan e-modul yang baik, kelayakan e-modul pembelajaran dan efektivitas e-modul pembelajaran berbasis android dilihat dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 14 Medan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) and Evaluation (evaluasi). Pengembangan e-modul pembelajaran dikembangkan dalam bentuk .apk yang dapat diinstal pada smartphone.Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis android mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas x dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. (2) Perolehan penilaian yang diberikan oleh validator ahli materi dengan rata-rata keseluruhan adalah 4,5 dan penilaian yang diberikan oleh validator ahli modul dengan rata -rata keseluruhan adalah 4,67 sehingga e-modul pembelajaran dinyatakan “Sangat Layak” digunakan sebagai panduan pembelajaran peserta didik. Berdasarkan uji coba kepada 30 orang Siswa/i kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik memperoleh hasil sebesar 4,51 dan penilaian dari 2 orang guru bidang studi memperoleh hasil sebesar 4,74 dalam kategori “Sangat Layak” sehingga e-modul pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik Layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Hasil dari analisis Indepentend sample t test menunjukan hasil thitung ˃ ttabel yaitu 7,392 > 2,048 dan sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, maka hipotesis Ha dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan E-modul pembelajaran berbasis android efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 14 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul Pembelajaran, Kelayakan, Efektivitas, Pekerjaan Dasar Elektromekanik |
| Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
| Date Deposited: | 09 May 2023 06:33 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51361 |
