MANURUNG, PERMATA SARI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 TANJUNG BALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186171007 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 8186171007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. 8186171007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 8186171007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 8186171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 8186171007 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 8186171007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 8186171007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. 8186171007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 8186171007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran biasa, (2) Mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran biasa, (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Balai yang berjumlah 183 siswa, dengan mengambil 2 kelas berjumlah 60 siswa sebagai sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemandirian belajar matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Man p |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemecahan Masalah Matematis, dan Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:24 |
Last Modified: | 29 May 2023 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51352 |