Hartati, Tuti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA ISIS DRAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4113331044 JUDUL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2 NIM 4113331044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3 NIM 4113331044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4 NIM 4113331044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
5 NIM 4113331044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
6 NIM 4113331044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7 NIM 4113331044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 NIM 4113331044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9 NIM 4113331044 BAB I.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
12 NIM 4113331044 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14 NIM 4113331044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Isis Draw lebih tinggi dari pada peningkatan hasil belajar siswa dengan model Direct Intruction pada materi Hidrokarbon dan untuk mengetahui aspek kognitif manakah yang paling berkembang melalui pembelajaran model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Isis Draw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,914. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Basead Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Isis Draw dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Direct Intruction. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 42,94 dan nilai rata-rata posttest 81,91 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 40,44 dan nilai rata-rata posttest adalah 75,58. Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 68,50 % dan 58,66%. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas data menggunakan uji chi kuadrat diperoleh pada Gain kelas eksperimen χ2hitung<χ2tabel yakni 8,70 <11,07 dan Gain kelas kontrol χ2hitung<χ2tabel yakni 5,509 <11,07 maka kedua data Gain eksperimen dan kontrol berdistribusi normal serta uji homogenitas data diperoleh Fhitung<Ftabel yakni 0,9775 <1,792 maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni 2,955 > 1,6697 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Isis Draw lebih tinggi dibandingkan dengan model Direct Intruction dan aspek kognitif yang paling berkembang melalui pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dengan menggunakan media Isis Draw adalah C2 (pemahaman) 81%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 016 |
Keywords: | Problem Based Learning berbasis Lesson; Study menggunakan media Isis Draw; Hidrokarbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 May 2016 22:31 |
Last Modified: | 08 May 2016 22:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5135 |