Yudha, Sandy (2023) INOVASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI KIMIA SEMESTER GANJIL KELAS X SMA/MA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8216141002 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8216141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
3. NIM 8216141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 8216141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM 8216141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM 8216141002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 8216141002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 8216141002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 8216141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
13. NIM 8216141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM 8216141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar dan memotivasi peserta didik, melihat hubungan motivasi dan hasil belajar peserta didik, serta memperoleh data respon peserta didik terhadap penerapan multimedia interaktif berbasis android dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Mengacu pada model ADDIE (Analyst, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini sejumlah satu kelas terdiri dari 34 orang peserta didik yang dilakukan secara purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket wawancara, angket kelayakan berdasarkan BSNP dan angket motivasi belajar serta tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t (one sample t-test) serta uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia interaktif berbasis android yang dikembangkan telah layak sesuai dengan BSNP dengan perolehan rata-rata kelayakan dari 2 ahli materi sebesar 3.74 (Layak), rata-rata kelayakan ahli media sebesar 3.55 (Layak), dan rata-rata kelayakan dari 2 orang guru sebesar 3.83 (Layak). Hasil uji t diperoleh nilai sig. = 0,000 < 0,05 yang menunjukkan H0 ditolak, Ha diterima yaitu hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis android lebih tinggi dari pada nilai KKM yang ditetapkan disekolah yaitu 75, dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 86,91. Motivasi dan hasil belajar peserta didik memiliki hubungan yang positif dengan kekuatan yang sangat kuat dengan diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,941 dan koefisien determinasi sebesar 88,5%. Respon peserta didik terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis android ini sangat baik dengan nilai rata-rata pesentase 88%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Yud a |
Keywords: | Multimedia Interaktif, Android, Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51346 |