INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS PROYEK PADA PENGAJARAN ANALISIS GRAVIMETRI UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

HUTAPEA, NURHETTY (2022) INOVASI SUMBER BELAJAR BERBASIS PROYEK PADA PENGAJARAN ANALISIS GRAVIMETRI UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186142012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186142012 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186142012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186142012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186142012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186142012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186142012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186142012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186142012 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186142012 TABLE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186142012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186142012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186142012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8186142012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186142012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186142012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186142012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8186142012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8186142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi harus dibangun dalam belajar kimia untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis proyek dalam memfasilitasi mahasiswa dalam proses pembelajaran secara aktif dan mandiri untuk membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekataan pengembangan Research and Development (R&D) mengikuti model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan kimia yang mempelajari mata kuliah Kimia Analitik Dasar di UNIMED. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T (Independent Sample T-Test) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α=0,05). Hasil penelitian berdasarkan analisis kebutuhan sumber belajar berbasis proyek yang diperoleh dari responden berupa hasil angket bahwa inovasi sumber belajar berbasis proyek sangat dibutuhkan sehingga dilakukan pengembangan sumber belajar inovatif berbasis proyek. Paket sumber belajar inovatif berbasis proyek telah berhasil dikembangkan untuk analisis gravimetri yang terdiri dari mini proyek, video pembelajaran, dan hyperlink. Nilai rata-rata kelayakan sumber belajar inovatif yaitu 3,57 ± 0,47 dinyatakan valid dan tidak perlu revisi. Hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,00 ± 6.32 dan rata-rata posttest kelas kontrol adalah 76,78±4,47 yang menunjukkan bahwa sumber belajar inovatif berbasis proyek efektif digunakan untuk meningkatkan nilai hasil belajar mahasiswa. Sumber belajar inovatif barbasis proyek yang telah diterapkan dapat membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen sebesar 85,41±0,52 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 71,87±0,37. Maka dapat disimpulkan bahwa sumber belajar inovatif berbasis proyek dapat membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516,154,072 Hut a
Keywords: Pembelajaran berbasis proyek, Sumber belajar inovatif, Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Analisis gravimetri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:29
Last Modified: 29 May 2023 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51344

Actions (login required)

View Item
View Item