PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI MOODLE MATERI KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER II

DALIMUNTHE, SITI KHODIJAH (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN APLIKASI MOODLE MATERI KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8206141010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8206141010 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8206141010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8206141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8206141010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8206141010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8206141010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8206141010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8206141010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8206141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8206141010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8206141010 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8206141010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8206141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8206141010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8206141010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8206141010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8206141010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8206141010 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 8206141010 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 8206141010 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 8206141010 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[thumbnail of 12. NIM. 8206141010 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 8206141010 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 8206141010 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 8206141010 CHAPTER V.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 14. NIM. 8206141010 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 8206141010 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 15. NIM. 8206141010 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 8206141010 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) analisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis masalah menggunakan aplikasi moodle (2) kelayakan e-modul yang dikembangkan (3) hasil belajar lebih tinggi dari nilai KKM (4) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa (5) motivasi belajar siswa (6) korelasi positif dan signifikan antara motivasi dengan hasil belajar (7) respon siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). E-modul yang dikembangkan diimplementasikan pada siswa SMA kelas XI yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen angket digunakan untuk mengetahui kelayakan e-modul, motivasi dan respon siswa, instrumen test untuk mengetahui hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial uji one sample t-test dan uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) dibutuhkannya e-modul berbasis masalah menggunakan aplikasi moodle yang dapat digunakan melalui android/Hp dan juga laptop/Pc yang penggunaannya dengan tidak dibatasi ruang dan waktu. (2) Hasil pengembangan e-modul telah layak digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata kelayakan materi 3,84 dan kelayakan media elektronik 3,85. (3) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan e-modul berbasis masalah dengan aplikasi moodle lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 75 dengan rata-rata posttest siswa 85 secara signifikan (nilai sig. = 0,000 < 0,05). (4) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul berbasis masalah menggunakan aplikasi moodle mencapai kriteria N-Gain tinggi (0,8). (5) Rata-rata motivasi belajar siswa setelah menggunakan e-modul sangat termotivasi (87%). (6) Motivasi memiliki hubungan dengan hasil belajar (r = 0,884) secara positif dan signifikan dengan 78% sumbangan motivasi terhadap hasil belajar. (7) Respon siswa terhadap penggunaan e-modul sangat baik dengan nilai rata-rata persentase jawaban siswa sebesar 86,45%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Dal p
Keywords: E-Modul Kimia, Moodle, Research and Development (R&D), Hasil Belajar, Motivasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 May 2023 09:30
Last Modified: 02 Sep 2025 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51338

Actions (login required)

View Item
View Item