Siboro, Hamdani Andhika R (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TITL SMK MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5151131020 COVER.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
2. NIM 5151131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5151131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
4. NIM 5151131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
5. NIM 5151131020 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
6. NIM 5151131020 TABLE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7. NIM 5151131020 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
8. NIM 5151131020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
9. NIM 5151131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 5151131020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
14. NIM 5151131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik kelas XI TITL SMK Medan (2) Mengetahui tingkat kevalidan Media Pembelajaran Interaktif yang dikembangkan (3) Mengetahui tingkat kepraktisan Media Pembelajaran Interaktif yang dikembangkan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan menggunakan model Thiagarajan yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan penelitian menjadi tiga tahapan utama yaitu (1) Define (pendefenisian) tahap awal yang bertujuan untuk menentukan tujuan serta informasi terkait media yang dikembangkan. (2) Design (perancangan), yaitu tahap merancang media yang dikembangkan. (3) Develop (pengembangan), yaitu tahap mengembangkan media yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Dalam penelitian pengembangan ini digunakan instrumen berupa angket atau kuesioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sesuai dengan model pengembangan Thiagarajan yang disesusaikan dengan kebutuhan penelitian dengan tiga tahapan utama yaitu, Define (Pendefinisain), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan); (2) Berdasarkan hasil penilaian ahli materi I mencapai nilai rata-rata 4,5 (sangat layak) dan ahli materi II mencapai nilai rata rata 4,64 (sangat layak). Berdasarkan hasil penilaian ahli media I mencapai nilai rata-rata 3,62 (layak) ahli media II mencapai nilai rata rata 4,62 (sangat Layak). Berdasarkan penilaian ahli kepraktisan I mencapai rata rata 3,5 (layak), ahli kepraktisan II mencapai rata rata 3,62 (layak), ahli kepraktisan III mencapai rata rata 3,75 (layak) dan ahli kepraktisan IV mencapai rata rata 3,75 (layak) Dengan demikian pengembangan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire ini dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Lectora Inspire, Instalasi Motor Listrik |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:43 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51333 |