Ardila, Mutia (2022) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBASIS DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PADA PENGAJARAN ANALISIS KATION GOLONGAN IV DAN V. Masters thesis, UNIMED.
1. 8206142004 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 8206142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8206142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. 8206142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
5. 8206142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
6. 8206142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
7. 8206142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
8. 8206142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
9. 8206142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 10. 8206142004 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. 8206142004 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 11. 8206142004 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. 8206142004 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 12. 8206142004 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. 8206142004 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 13. 8206142004 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. 8206142004 CHAPTER V.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 14. 8206142004 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. 8206142004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of 15. 8206142004 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. 8206142004 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berbasis discovery yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada pengajaran analisis kation golongan IV dan V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) berbasis ADDIE yang dilakukan di Universitas Negeri Medan pada tahun akademik 2022-2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang mahasiswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan sumber belajar berbasis discovery dan kelas kontrol yang diajarkan dengan buku diktat universitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kelayakan berdasarkan BSNP, instrument tes hasil belajar, rubrik kemampuan berfikir tingkat tinggi, dan angket respon mahasiswa. Implementasi sumber belajar berbasis discovery terbukti dapat meningkatkan hasil belajar lebih tinggi pada kelas eksperimen 86,20 dibandingkan pada kelas kontrol 78,80. Selain itu, kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dengan nilai laporan proyek akhir 81.94 dibandingkan kelas kontrol 76,28. Sumber belajar berbasis discovery memperoleh respon positif dari mahasiswa sehingga sangat layak untuk diimplementasikan dalam pengajaran kimia analitik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 3 Ard p |
Keywords: | Analisis Kation, Discovery, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 10:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51331 |