Nainggolan, Enna (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5183131033 COVER.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
2. NIM. 5183131033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5183131033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
4. NIM. 5183131033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (944kB) | Preview
5. NIM. 5183131033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
6. NIM 5183131033 TABLES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
7. NIM. 5183131033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
8. NIM. 5183131033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
9. NIM. 5183131033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 5183131033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
14. NIM. 5183131033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak nya jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 8,4 juta orang hingga Februari 2022 yang mayoritas berasal dari kalangan Sekolah memengah Kejuruan (SMK). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan E-Modul Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan, dan (2) Mengetahui keefektifan E-Modul Berbasis Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 14 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu: Analysis (Analisa), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil Penelitian ini adalah: (1) E-Modul Berbasis Mind Mapping yang telah dikembangkan. (2) Hasil validasi kelayakan media sebesar 3,86 dengan kategori “sangat layak”, dan validasi ahli materi sebesar 3,73 dengan kategori “sangat layak”. (3) nilai t-test for Equality of Means (thitung) yaitu 2.393, sedangkan nilai ttabel (72) yaitu 1,666. Karena thitung (2,393) > ttabel (1,666) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan dengan menggunakan E-Modul berbasis Mind Mapping adalah lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan dengan menggunakan metode Ekspositori, maka pembelajaran dengan menggunakan E-Modul berbasis Mind Mapping di SMK dapat dinyatakan Efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mind Mapping, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 May 2023 06:48 |
Last Modified: | 09 May 2023 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51329 |