PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Nainggolan, Enna (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5183131033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5183131033 COVER.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5183131033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5183131033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5183131033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5183131033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (839kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5183131033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5183131033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5183131033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5183131033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5183131033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5183131033 TABLES.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5183131033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5183131033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5183131033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5183131033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5183131033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5183131033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5183131033 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5183131033 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5183131033 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5183131033 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5183131033 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5183131033 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5183131033 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5183131033 CHAPTER V.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5183131033 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5183131033 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. NIM. 5183131033 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5183131033 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak nya jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 8,4 juta orang hingga Februari 2022 yang mayoritas berasal dari kalangan Sekolah memengah Kejuruan (SMK). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan E-Modul Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan, dan (2) Mengetahui keefektifan E-Modul Berbasis Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 14 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu: Analysis (Analisa), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil Penelitian ini adalah: (1) E-Modul Berbasis Mind Mapping yang telah dikembangkan. (2) Hasil validasi kelayakan media sebesar 3,86 dengan kategori “sangat layak”, dan validasi ahli materi sebesar 3,73 dengan kategori “sangat layak”. (3) nilai t-test for Equality of Means (thitung) yaitu 2.393, sedangkan nilai ttabel (72) yaitu 1,666. Karena thitung (2,393) > ttabel (1,666) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan dengan menggunakan E-Modul berbasis Mind Mapping adalah lebih tinggi daripada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahan dengan menggunakan metode Ekspositori, maka pembelajaran dengan menggunakan E-Modul berbasis Mind Mapping di SMK dapat dinyatakan Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mind Mapping, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 May 2023 06:48
Last Modified: 06 Aug 2025 06:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51329

Actions (login required)

View Item
View Item