Kembaren, Wahyu Reynaldi S (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERVICE BOLA VOLLY PADA TINGKAT SMA BERBASIS APLIKASI ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 6183311007 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 6183311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM. 6183311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 6183311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 6183311007 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 6183311007 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6183311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 6183311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
12. NIM. 6183311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM. 6183311007 BIBLIOGRPAHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan media
pembelajaran servis bola volly pada tingkat SMA berbasis aplikasi android.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah uji kelompok kecil 15 siswa dan uji kelompok besar 30 siswa di SMA Negeri 1 Bangun Purba. Tenik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
kuesioner/angket yang diberikan kepada ahli dan siswa, teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data campuran (kulitatif dan kuantitatif). Media pembelajaran servis bola volly pada tingkat SMA berbasis aplikasi android yang telah dibuat terlebih dahulu di validasi oleh 3 orang ahli, dimana ahli tersebut
terdiri dari 2 ahli materi dan 1 ahli media. Persentase untuk mengetahui analisis kebutuhan adalah 78% dimana penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 :
46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 65% - 82% dengan kategori baik. Persentase validitas untuk uji kelompok kecil adalah 92% dan
penilaian persentase validasi ahli Sudjana (2005 : 46-47) maka nilai rata-rata validasi berada pada rentang nilai 83% - 100% dengan kategori cukup baik untuk digunakan pada tahap uji kelompok besar setelah perbaikan. Untuk validitas uji coba kelompok besar tidak dilakukan karena para ahli telah menyatakan bahwa produk telah layak pada uji coba kelompok kecil. Hal ini menunjukan bahwa dengan kategori sangat baik, pengembangan media pembelajaran servis bola volly pada tingkat SMA berbasis aplikasi android berjalan secara efektif dan efesien.
Hasil uji kelompok kecil melibatkan 16 siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba memiliki hasil persentase dengan nilai 78% dengan kategori yang didapat baik dan hasil uji kelompok besar melibatkan 30 siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba memiliki hasil persentase dengan nilai 92% dengan kategori yang didapat sangat baik. Maka dapat disimpulkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat memberikan peningkatan hasil pembelajaran siswa dalam pembelajaran bola volly khusus materi servis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembalajaran, Servis Bola Voli dan Berbasis Aplikasi Android |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:31 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51306 |