Briana, Juli (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186176012 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
2. 8186176012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. 8186176012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. 8186176012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. 8186176012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
6. 8186176012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. 8186176012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. 8186176012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. 8186176012 BAB I.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
13. 8186176012 BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. 8186176012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kevalidan dari bahan ajar interaktif berbasis android diperoleh dari ahli materi dan ahli media. Kepraktisan diperoleh dari siswa dan salah satu guru. Tahap uji coba oleh siswa meliputi kelompok kecil yang terdiri dari 5 siswa dan kelompok besar terdiri dari 20 siswa. Instrumen penelitian berupa angket penilaian bahan ajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil yang diperoleh bahwa bahan ajar interaktif berbasis android yang dikembangkan adalah valid dan layak untuk digunakan berdasarkan penilaian yang sangat baik oleh para ahli dengan skor persentase 87% oleh ahli materi dan 86% oleh ahli media. Bahan ajar interaktif berbasis android juga praktis yang dapat dilihat dari hasil angket siswa yang menyatakan bahwa bahan ajar ini memenuhi kebutuhan siswa. Keefektifan bahan ajar dapat dilihat dari dampak bahan ajar ini yang dapat meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan perhitungan N-gain sebesar 0,49 yang tergolong sedang dalam kategori faktor gain serta dapat meningkatkan motivasi siswa dengan rata-rata 87%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Bri p |
Keywords: | bahan ajar interaktif, model pengembangan ADDIE, kemampuan pemecahan masalah. motivasi siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 01:17 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51290 |