Br. Siregar, Christine Magdalena (2023) PENGEMBANGAN RANCANGAN PEMBELAJARAN HYBRID MATERI GETARAN DAN GELOMBANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD). Masters thesis, UNIMED.
1. 8186176010 COVER.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2. 8186176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. 8186176010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. 8186176010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. 8186176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. 8186176010 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. 8186176010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. 8186176010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. 8186176010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
13. 8186176010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. 8186176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis rancangan dan mengetahui efektifitas pendekatan UbD dengan backward design dalam pembelajaran Fisika. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Surabaya Grammar School. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian yang dilakukan mengacu pada pengembangan rancangan pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan UbD. Penelitian ini diawali dengan penyusunan instrumen, penerapan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design, observasi keterlaksanaan rancangan pembelajaran dan mengerjakan evaluasi akhir. Sebelum instrumen tes pemahaman konsep diuji coba pada siswa, tes divalidasi terlebih dahulu. Subjek pengembangan produk terdiri dari ahli konten atau materi dan ahli instrumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pendekatan UbD diukur berdasarkan rata-rata nilai evaluasi akhir yang diperoleh siswa. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata (mean) kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu diperoleh nilai mean untuk kelas kontrol sebesar 60,15 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 85,05. Kesimpulan yang diperoleh setelah penelitian adalah siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik UbD memiliki pemahaman konsep yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yang menggunakan forward design.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 2 Sir p |
Keywords: | Understanding by Design (UbD), Pembelajaran Hybrid, Pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 May 2023 01:16 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51287 |