PENGEMBANGAN RANCANGAN PEMBELAJARAN HYBRID MATERI GETARAN DAN GELOMBANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD)

Br. Siregar, Christine Magdalena (2023) PENGEMBANGAN RANCANGAN PEMBELAJARAN HYBRID MATERI GETARAN DAN GELOMBANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8186176010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8186176010 COVER.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8186176010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8186176010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8186176010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8186176010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8186176010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8186176010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8186176010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8186176010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8186176010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8186176010 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8186176010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8186176010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8186176010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8186176010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8186176010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8186176010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8186176010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8186176010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8186176010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8186176010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis rancangan dan mengetahui efektifitas pendekatan UbD dengan backward design dalam pembelajaran Fisika. Partisipan penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Surabaya Grammar School. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian yang dilakukan mengacu pada pengembangan rancangan pembelajaran Fisika menggunakan pendekatan UbD. Penelitian ini diawali dengan penyusunan instrumen, penerapan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design, observasi keterlaksanaan rancangan pembelajaran dan mengerjakan evaluasi akhir. Sebelum instrumen tes pemahaman konsep diuji coba pada siswa, tes divalidasi terlebih dahulu. Subjek pengembangan produk terdiri dari ahli konten atau materi dan ahli instrumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pendekatan UbD diukur berdasarkan rata-rata nilai evaluasi akhir yang diperoleh siswa. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata (mean) kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu diperoleh nilai mean untuk kelas kontrol sebesar 60,15 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 85,05. Kesimpulan yang diperoleh setelah penelitian adalah siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik UbD memiliki pemahaman konsep yang lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yang menggunakan forward design.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 531.107 2 Sir p
Keywords: Understanding by Design (UbD), Pembelajaran Hybrid, Pemahaman konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2023 01:16
Last Modified: 15 Jul 2024 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51287

Actions (login required)

View Item
View Item