Yunnisa, Febby (2021) Muatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173111014 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM 2173111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
3. NIM 2173111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4 .NIM 2173111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 2173111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 2173111014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM 2173111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 2173111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
12. NIM 2173111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM 2173111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter
yang terkandung dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP terbitan
Kemendikbud edisi revisi 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
kutipan kata, ungkapan, kalimat, atau pernyataan-pernyataan yang mengandung
nilai pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks
Bahasa Indonesia Kelas VII SMP terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi.
Instrumen penelitian ini dilakukan dengan merujuk pada 5 nilai utama karakter
yang merupakan kristalisasi dari 18 nilai karakter menurut Kemendikbud yaitu
religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Hasil analisis terhadap
nilai pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP
terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 menunjukkan adanya 5 nilai utama
pendidikan karakter dengan nilai karakter gotong royong sebagai nilai yang paling
dominan. Muatan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut yaitu 50 butir nilai
karakter religius, 50 butir nilai karakter nasionalis, 33 butir nilai karakter mandiri,
65 butir nilai karakter gotong royong, dan 24 butir nilai karakter integritas. Hasil
dari penelitian ini dapat menjadi pertimbangan atau bahan masukan yang
bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa, dan pembaca untuk
memperkaya pengetahuan serta wawasan khusunya yang berkaitan dengan
pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai; Pendidikan Karakter; Buku Teks |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z1003 Choice of books. Books and reading. Book reviews |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 01:51 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51245 |