MISWANTO, WAWAN (2023) PENGEMBANGAN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATERI BANGUN RUANG BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA KELAS V SD DI KECAMATAN TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 818 618 2039 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 818 618 2039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
3. NIM. 818 618 2039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 818 618 2039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM. 818 618 2039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 818 618 2039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM. 818 618 2039 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 818 618 2039 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 818 618 2039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
13. NIM. 818 618 2039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 818 618 2039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan tes HOTS materil bangun ruangl yang valid, efektif danl praktis untuk digunakanl di kelas V sekolah dasar. Penelitianl ini merupakanl penelitian pengembanganl tipe formativel evaluation Tessmerl yang telah diadaptasi yang terdiril dari dual tahap yaitu; (l1) tahapl preliminary, danl (l2) tahapl formative evaluationl yang meliputil self-evaluationl dan lprototyping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan tes HOTS materi bangun ruang berbasis pembelajaran matematika realistik yang berkualitas dari aspek validitas, keefektifan dan kepraktisan sebanyak 15 soal yang terdiri dari 11 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian. Koefisien validitas tes sebesar 0,69 (validitas tinggi) dan koefisien reliabilitas tes sebesar 0,81 (reliabilitas sangat tinggi). Efektif berdasarkan pencapaian tujuan pembelajaran mencapai 80%, ketuntasan klasikal 88%, respon positif siswa 85% dan waktu pembelajaran yang efisien. Praktis berdasarkan penilaian ahli yang menyatakan soal layak dan dapat digunakan dan, tanggapan guru memperoleh skor rata-rata 88,89% (praktis).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.76 Mis p |
Keywords: | Tes HOTS; Formative Evaluation; Kualitas Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:01 |
Last Modified: | 29 May 2023 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51243 |