Soraya, Syazarah (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS FLIP SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DI SMP SWASTA YPIS MAJU BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196182003 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM. 8196182003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
3. NIM. 8196182003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8196182003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM. 8196182003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. NIM. 8196182003 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 8196182003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 8196182003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 8196182003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
13. NIM. 8196182003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. NIM. 8196182003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis FLIP pada Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Surat siswa kelas 7 valid, layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan bantuan aplikasi flipbook maker. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta YPIS Maju Binjai. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini adalah tiga validator ahli (ahli desain, ahli media, dan ahli materi), kemudian guru dan anak kelas VII SMP Swasta YPIS Maju Binjai. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan E-Modul berbantuan flip untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Suart Resmi (tingkat kelayakan dan keefektifan perangkat pembelajaran). Model pengembangan yang menjadi acuan penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat ditarik simpulan bahwa EModul berbasis Flip dinyatakan Valid oleh validator sehingga dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan penilaian tes anak-anak yang diperoleh maka E-Modul dinyatakan memiliki keefektifan media pembelajaran di SMP Swasta YPIS Maju Binjai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.416 Sor p |
Keywords: | E-Modul Berbasis Fliipbook; Pengembangan Modul; Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51235 |