Aminah, Siti (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEMAMPUAN MENYIMAK (AUDIO) BERBASIS LITERASI “MENYAYANGI HEWAN DAN TUMBUHAN” SDN 105270 PUJI MULYO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182011 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM. 8186182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3. NIM. 8186182011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 8186182011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 8186182011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 8186182011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM. 8186182011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8186182011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8186182011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 8186182011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 8186182011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kemampuan menyimak berbasis literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yang meliputi 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan desiminasi (disseminate). Tahap pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil angket kebutuhan yang telah disebarkan dapat hasil bahwa responden belum pernah menggunakan bahan ajar kemampuan menyimak berbasis literasi materi subtema menyayangi hewan dan tumbuhan. 2) validasi ahli materi meliputi, validasi media pembelajaran audio, dan validasi ahli desain pembelajaran. Validasi desain pembelajaran memeroleh nilai rata-rata 88,33% dengan kreteria “sangat baik” dan hasil validasi oleh ahli materi mandapatkan skor rata-rata 92,96% dengan kreteria “sangat baik” serta validasi media pembelajaran audio mendapatan hasil 93, 26% dengan kategori “sangat baik”. 3) Uji coba produk pembelajaran berupa pengembangan bahan ajar kemampuan menyimak berbasis literasi subtema menyayangi hewan dan tumbuhan terhadap responden 32 siswa yang terdiri dari 3 guru kelas yang mendapat hasil rata-rata 80,59% dalam kategori “baik”. Siswa sesudah menggunakan pengembangan bahan ajar kemampuan menyimak berbasis literasi mengalami peningkatan hasil belajar yakni 09, 78% dibandingkan sebelum menggunakan pengembangan bahan ajar kemampuan menyimak berbasis literasi. Dengan demikian bahan ajar kemampuan menyimak berbasis literasi menyayangi hewan dan tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa belajar lebih mandiri, aktif dan membudayakan literasi melalui bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.416 Ami p |
Keywords: | bahan ajar; kemampuan menyimak; literasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:46 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51229 |