P. SITUMEANG, OTTO (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN PRODI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5153111037 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2. NIM. 5153111037 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153111037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
4. NIM. 5153111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
5. NIM. 5153111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
6. NIM. 5153111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7. NIM. 5153111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
8. NIM. 5153111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
9. NIM. 5153111037 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 5153111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
14. NIM. 5153111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
Abstract
Modulpembelajaranadalahsalahsatubentukbukuataubahan ajar yang dirangkum dan dikemas secara utuh dan sistematis danterdiriatassuaturangkainkegiatandanpengalamanbelajar yang sudah direncanakan dengan tujuan untuk membantu peserta didi kmenguasai dan memperoleh materi ajar secaramandiri yang spesifikdanjelas.Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungandenganprasarana yang mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut peneliti mencoba mengembangankan modul pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan untuk mempermudah mahasiswa untuk memahami pembelajaran matakulia hKewirausahaan.Penelitian ini bertujuan untu kmengetahui apakah Modul Pembelajaran mata kuliah Kewirausahaanlayakdigunakanatautidak.Penelitianinidilakukan di UniversitasNegeri Medan.Prosedur penelitian dan pengembangandilakukandengan model Borg and Gell yang dimodifikasiolehSugiyonodikenaldengan metodeResearch and Development.Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli materi, danahli media maka modul l pembelajaran ini nyatakan memenuhipersyaratandanlayakdigunakansebagai media pembelajaran dibuktikan dari hasil penelitian kelayakan ahli mater memperoleh kategori kelayakan baik dengan rata ratanilai 4,09, hasil kelayakan dari ahli media memperolehkategorikelayakansangatbaikdengan rata ratanilai 4,22, dankemudianberdasarkanhasilujicoba yang dilakukankepada 4 mahasiswa Prodi PTB diperolehnilai rata rata 4,34 dengankategorisangatbaik. Dengandemikian pengembangan modul pembelajaran sangat baik dilakukan dangen melihat nilai dari responden dan juga tanggapan positif yang mendukung modul pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, ModulPembelajaran, Prodi PTB FT Unimed |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51177 |