Silaen, Ahmad Fadli (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN INSTRUMEN MATEMATIKA DETIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI HITUNG DASAR INTUITIF PADA MATERI BILANGAN ASLI DI KELAS V UPT SD NEGERI PERCOBAAN MEDAN. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 8186182037 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 81861820 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 8186182037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM. 8186182037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 8186182037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8186182037 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8186182037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 8186182037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 8186182037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM. 8186182037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 8186182037 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat berpengaruh dengan dunia pendidikan yang mengharuskan untuk lebih modern. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran yang berbasis android. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media pembelajaran Quizizz yang berbasis android pada materi bilangan asli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi indeks kevalidan dengan rata-rata hasil validasi ahli media sebesar 91,57% dan 83,68% dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Adapun hasil uji kemenarikan media diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat menarik sehingga media ini menarik untuk digunakan. Hasil uji coba media pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan kompetensi hitung dasar intuitif siswa pada materi bilangan asli, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya Operasi Permenit dengan rata-rata 34,82 OPM untuk penjumlahan, 32,02 OPM untuk pengurangan, 35,12 OPM untuk perkalian, dan 34,92 OPM untuk pembagian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen matematika A1 ToSM (Test of Second Mathematics) dengan kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini memenuhi kriteria kevalidan dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sil p |
Keywords: | Media pembelajaran, Quizizz, Android, Bilangan Asli, Matematika Detik |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 01:36 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51171 |